Valencia, Indahnya Kota Seni Kontemporer

29 April 2011



Banyak orang hanya kenal dua kota besar di Spanyol yaitu Madrid dan Barcelona. Mungkin karena kompetisi La Liga Primera di Spanyol yang mengetengahkan persaingan dua musuh bebuyutan yaitu Madrid dan FC Barcelona dalam perebutan sebagai kampiun olahraga sepak bola di negara itu.

Namun kota penting di Negara Matador ini bukan hanya dua kota itu. Valencia misalnya, dikenal sebagai kota yang sangat penting lainnya di Spanyol. Arsitektur kota yang sangat indah dan berteknologi tinggi dipadukan dengan agroindustry yang sangat masif membuat Valencia sebagai tempat yang banyak dikunjungi pengusaha dan turis mancanegara.

Kota yang dibelah oleh Sungai Turia yang berada dibawah level banjir, oleh pemerintah kota ditinggikan lebih dari 4 meter. Hal ini disebabkan karena kota ini sebelumnya sangat menderita pada saat musim hujan terjadi dan banjir tak terhindarkan lagi mengganggu seluruh sendi perekonomian kota. Alur sungai Turia pun dialihkan, tidak lagi berada ditengah kota melainkan di pinggiran kota.

Alur sungai yang telah kering tidak diurug melainkan dijadikan taman kota lengkap dengan sarana olahraga. Dari berkendara mobil mengelilingi kota Valencia kita dapat melihat dengan jelas perbedaan ketinggian antara bagian kota yang lama dan yang sudah ditinggikan.

Pemerintah tidak berhenti sampai di situ, pembangunan fasilitas komersial termasuk hotel dan fasilitas seni pun dikebut. Hasilnya? Valencia menjadi kota industri dan seni yang sangat terpandang. Bangunan kontemporer yang berteknologi tinggi seperti Oceanorium, opera house, teater tiga dimensi seperti Keong Mas di TMII dengan megah telah berdiri dibekas alur sungai Turia yang menjadi pusat kunjungan turis dari pelbagai penjuru.

Convention center berkapasitas raksasa yang dikelilingi dengan kolam skala raksasa siap untuk menampung kegiatan-kegiatan seminar dan konferensi. Gaya arsitektur yang sangat indah dan sophisticated membuat orang-orang yang melihatnya berdecak kagum.

Namun jangan hanya terpaku dengan arsitektur modern saja, Valencia pun memiliki banyak bangunan tua yang dilindungi pemerintah. Bangunan-bangunan di kota yang menjadi ajang pertempuran antara bangsa Moor dengan Kerajaan Spanyol yang dipimpin Raja Pedro hingga sekarang tetap menjadi kebanggaan kota.

Plaza Del Reina, Katedral. Mercado atau pasar berusia ratusan tahun menjadi saksi sejarah tingginya budaya kota ini. Valencia terletak di tengah-tengah Madrid dan Barcelona sehingga sangat penting lokasinya. Penduduknya yang ramah serta kemudahan transportasi tak pelak membuat orang-orang yang pernah datang ingin datang untuk kali berikutnya.

Jeruknya?? Hmmm.....siapa yang tidak kenal jeruk Valencia yang sangat manis itu. Jeruk juga merupakan komoditi sangat penting yang memberikan pemasukan hasil ekspor yang sangat besar. Tidak heran karena perkebunan jeruk ditangani secara serius dengan teknologi yang sangat mutakhir.

Sepanjang ratusan kilometer dari Barcelona ke Valencia dan dari Valencia ke Madrid bisa dilihat hamparan kebun jeruk yang sangat subur dengan buahnya yang siap dipetik. Siapa yang tidak tergiur ke Valencia? Coba yuk!

*) Tanto Kurniawan adalah CEO Paramount, menulis langsung dari Valencia, Spanyol, khusus untuk Kompas.com

 







Copyright 2013 KSO Paramount Land All right Reserved
+ sitemap