Kondomunium di Serpong paling banyak dinikmati

13 April 2011


JAKARTA, KOMPAS.com — Tren pengembangan proyek kondominium di luar area central business distric (CBD) dan dikembangkan di kawasan perumahan masih akan berlanjut. Contohnya kondominium di Serpong, seperti Paramount Residence di Perumahan Paramount Serpong dan Silkwood Residence di Perumahan Alam Sutera.

"Pasar kondominium benar-benar sehat di Indonesia. Okupansi di area primary dan secondary tetap tinggi. Tetapi memang ada tren peningkatan di area luar CBD terutama di Serpong," kata David Cheadle, Managing Director of Tenant Strategies and Solutions Cushman and Wakefield, dalam paparan kuartal pertama Marketbeat 2011 di Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Pada kuartal ini tercatat lebih banyak proyek baru kondominium untuk kelas menengah. Hal ini dikarenakan keterbatasan lahan di area CBD, yang mana akan mendorong pengembang lebih membangun proyek menengah-atas.

Menurut David, pembelian didominasi oleh investor yang akan menyewakan kembali unit yang dibeli kepada penyewa potensial. "Kondominium yang memiliki kedekatan lokasi dengan pusat aktivitas, seperti kawasan komersial, pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, dan lingkungan kerja, diminati," katanya.

Untuk kondominium kelas atas, salah satu proyek yang dinilai memiliki kinerja baik adalah Pakubuwono Signature, yang merupakan lanjutan pengembangan sebelumnya, yaitu Pakubuwono Residence dan Pakubuwono View.

Sementara, tingkat penjualan apartemen sederhana yang terbangun hanya naik sebesar 0,6 persen dari angka pada kuartal lalu, 91,1 persen. Hanya ada satu proyek apartemen sederhana yang diluncurkan selama kuartal I ini, yaitu Lenteng Agung Apartement di area Lenteng Agung, dengan pasokan mendatang sebanyak 26.853 unit.

Untuk proyek-proyek kondominium yang baru saja selesai pada kuartal ini antara lain Central Park Residence (Menara Alaina), Royak Mediterania Garden (Menara Marygold), Kemang Village ( Menara Ritz, Cosmopolitan, dan Empire), MT. Haryono Square, I Cik Ditiro dan Seasons City (menara A dan B). Proyek-proyek ini menjadikan tambahan sebanyak 2.877 unit dari kuartal sebelumnya.

Pasokan kondominium mendatang akan mendapat tambahan dari The Windsor di Puri Indah, Paramount Residence dan Paramount Skyline di perumahan Paramount Serpong, menara Oak– menara kedua dari Silkwood Residence di perumahan Alam Sutera, menara Montreal–menara ketiga dari proyek Casa Grande Kota Kasablanka, menara G dari proyek Greem Bay Pluit, The Premiere Best Western di Pondok Indah, dan Pakubuwono Teras di Cipulir. 

Link: kompas.com

 







Copyright 2013 KSO Paramount Land All right Reserved
+ sitemap